Mau Kirim Paket COD Tapi Bingung Gimana Caranya ?


Guys, maafkan sudah bertahun-tahun tidak update, postingan ini sekedar info bahwa I’m still alive 😁

Perkembangan bisnis online yang tidak aku update sejak 2015 😨 luar biasa sekali, selain sudah banyak platform marketplace yang membantu para penjual online, kini juga rebak peningkatan pengiriman mandiri dari para seller online yang menggunakan sistem Cash On Delivery (COD) a.k.a Bayar ditempat, artinya pesen dulu aja kalau barang sampai baru bayar, Sistem COD ini selain membuat penjual lebih terpercaya juga memudahkan para pembeli untuk tidak transfer uang duluan atau yang jauh dari ATM kesulitan untuk transfer-transfer.

I honestly don’t like COD (Cash on Delivery) because it requires me to stay at home and prepare cash for the order, even though there’s no guarantee that the delivery person will come that day.

Buat kamu yang masih bingung bagaimana sih bisa kirim paket ke pembeli tapi bisa bayar dirumahnya ? padahal di luar kota gimana antarnya, gimana nanti duitnya ?

Beberapa ekpedisi ada yang sudah punya fitur kerjasama COD, artinya harus daftar sebagai pengirim VIP etc. kemudian uang hasil pembelian COD akan dikumpulkan dan bisa ditarik ke rekening kita, tetapi banyak yang mengeluh sistem kerjasama langsung dengan ekpedisi seperti ini lebih ribet, banyak yang tidak berhasil dikirim dan paket kembali ke penjual, pencairan uang lama, susah dihubungi, dll.

Nah, saat ini sudah ada platform Shipping Service Profesional (SPP) di Indonesia, seperti Lincah.id

Lincah.id bukan agen ekpedisi tapi sebuah platform yang memberikan kemudahan untuk pengiriman paket dan menemukan ekspedisi sesuai kebutuhan penjual dan pembeli, dengan metode pengiriman COD dan Non-COD yang dikembangkan oleh PT. Zero Media Advertising, dimana didalamnya kita dapat memilih berbagai nama perusahaan ekpedisi di Indonesia untuk mengirimkan paket kita.

Bergabung degan Lincah.id 💥GRATISSS💥 guys, coba daftar disini deh

Begitu daftar langsung dapat digunakan semua fitur-fiturnya

Dengan Lincah.id kita bisa langsung membuat paket sesuai alamat pembeli dan mendapatkan resinya, dengan sistem COD dan Non-COD.

  1. Sistem COD, artinya pembeli memesan barang tapi mau bayar dirumah, jadi penjual membuat data paket di Lincah.id dengan memilih sistem-COD, jumlah yang tertera di data pengiriman itu yang akan ditagihkan kurir ke pembeli nantinya, penjual tidak perlu membayar apa-apa di Lincah.id
  2. Sistem Non-COD, artinya pembeli sudah transfer sejumlah harga barang dan ongkos kirim ke penjual, dan penjual tinggal membuat data paket di Lincah.id, membayar ongkos kirim yang tertera, kemudian mendapatkan nomer resi sesuai ekpedisi yg diplih.

Trus bagaimana uang hasil penjualan setelah barang berhasil diterima pembeli ?

Dalam waktu kurang lebih 2 hari setelah barang berhasil diterima pembeli dan kurir sudah mendapatkan pembayaran dari pembeli, maka uang hasil penjualan (tidak termasuk ongkos kirim) akan masuk ke saldo kita di Lincah.id dan dapat ditarik ke rekening bank kita. Mudah kan ?

Bagaimana Mengirimkan Paketnya ?

Setelah mendapatkan resi dari Lincah.id cetak dan tempelkan label pengiriman di paket kemudian penjual bisa drop-off paket di gerai ekpedisi terdekat atau menggunakan sistem pickup jadi paketnya akan dijemput di lokasi penjual. Pastikan kamu memilih drop-off atau Pick-up saat membuat data paket di Lincah.id, juga jika Pick-up pastikan memilih alamat lokasi pengambilannya dimana (di Lincah.id kamu dapat membuat alamat pengirim yang berbeda-beda).

Berapa Biaya Yang dikeluarkan untuk Proses Paket ?

Untuk sistem Non-COD, kamu hanya membayar ongkos kirim saja sesuai yang tertera saat sudah memasukan alamat pengiriman. Untuk sistem COD, biaya sebesar 3%+Ppn dari harga barang, biaya tersebut dapat kamu kenakan ke buyer atau sudah kamu perkiraan di harga jual barang sehingga pembeli tidak merasa keberatan.

Bagaimana melacak paket yang sedang dalam pengiriman ?

Setelah mendapatkan resi, pelacakan sudah dimulai, kamu dapat melacak di menu Tracking di Lincah.id atau di website ekpedisi yang kamu pilih.

Keunggulan yang aku rasakan dengan menggunakan SPP ini adalah respon dan komunikasi tentang progress update pengiriman barang sangat membantu, tidak sulit menguhubungi pihak Lincah.id jika ada masalah dengan pengiriman barang, dan mereka akan membantu follow up serta push pengiriman agar sampai sesuai estimasinya. Daripada langsung ke website ekpedisi atau CS nya yang harus berputar-putar dulu menunggu jawaban dan solusi jika ada masalah.

Bagaimana Jika Paket Gagal dikirim ?

Untuk sistem Non-COD maupun COD, paket yang gagal kirim (Return To Seller / RTS) karena alamat tidak ditemukan, pembeli menolak pesanan, pembeli tidak berada ditempat, Paket akan dikembalikan oleh ekpedisi ke alamat penjual atau ke gerai ekdpedisi tempat paket dulu di drop-off, oleh karena itu pastikan data pengirim, nama, alamat dan nomer HP yang dapat dihubungi sudah benar dan aktif, juga kamu bisa memberi info ke gerai ekpedisi langganan kamu jika ada paket yang dikembalikan agar kamu dihubungi.

Untuk kasus pengiriman dengan sistem-COD, jika pembeli tidak berada ditempat atau kantor sudah tutup misalnya, kurir akan melakukan antar ulang keesokan harinya, 2-3 kali antar ulang sampai kurir menyerah jika penerima tidak kunjung bisa dihubungi ya berarti pembeli itu ngga niat bayar dan paket akan dikembalikan.

Rugi ya, ya berarti belum rejeki, namun untuk sistem COD ruginya hanya rugi waktu barang tidak cepat terjual, karena barang akan kembali utuh ke kamu dan di Lincah.id kamu tidak dikenakan biaya ongkos kirim balik, di SPP lain kebanyakan barang RTS itu kita dikenakan ongkir kirim balik jadi sudah rugi barang ga kejual, masih ditambah rugi bayar ongkirnya.

Bagaimana Kita Bisa Yakin Pembeli COD Itu Niat Bayar ?

Suatu fenomena dari warna 062 ya, banyak yang laper mata pesen-pesen barang COD tapi pas barang dikirim menolak membayar, itulah yang harus dimaklumi kita sebagai penjual, anggap saja pengalaman yang penting service kita ke calon pembeli dan pembeli ngga berkurang.

Selain pastikan pembeli memberikan alamat lengkap dan no hape aktif, kalau di pedesaan tidak ada nomer rumah, minta info ancer-ancer agar kurir nanti mudah mencari alamatnya, misal pagar kuning, dekat lapangan sepak bola, sebelah toko ApaGitu. Terutama untuk daerah-daerah yang rawan COD, yang pelosok dan luar pulau.

Asiknya di Lincah.id, ada menu COD Score, dimana kita bisa check nomer hp pembeli terlebih dahulu sebelum mengirimkan barang, apakah Score nya bagus dan tidak pernah menolak pesanan, kasus ini untuk pembeli yang sudah pernah belanja online ya karena datanya sudah tercatat di media lain. Score yang bagus akan muncul nilai A di halaman tersebut.

Most of all, di Lincah.id itu banyak diskon mengiriman yang tidak didapat jika kita manual mengirimkan paket langsung di gerai ekpedisi, 😁 lumayan lah diskonnya bisa untuk promosi ke pembeli bisa juga untuk menutup biaya packing bubble dll. Semakin banyak kamu mengirimkan barang melalui Lincah.id semakin nambah diskonnya.

Keunggulan lain dari Lincah.id :

Notifikasi Whatsapp Otomatis dan Gratis

Lincah menyediakan layanan API Whatsapp Gratis untuk mengirim notifikasi WhatsApp ke buyermu. Buyer akan diberitahu ketika paket sudah siap dikirim, sampai di kota tujuan, hingga ketika paket bermasalah. Fitur ini akan menurunkan kemungkinan RTS untuk paket COD-mu.


Form Order Praktis dan Gratis

Jika kamu memiliki landing page website penjualan kamu bisa menambahkan Form Order dari Lincah.id sehingga bisa kelola orderan dengan mudah dan terintergrasi langsung dengan jasa kirim di lincah. Tidak perlu pindah-pindah platform.

Upload Order Dari Platform Lain

Jika kamu punya daftar produk di Marketplace seperti Tokopedia atau Shopee kamu bisa memasukan daftar produkmu di lincah.id, support upload massal via Excel dari platform lain.

Abandoned Lead Hubungi Calon Buyermu Yang Belum Selesai Isi Form

Jika kamu menggunakan Form Order dari Lincah.id maka buyer yang belum selesai checkout tetap terdata di Lincah. Kamu masih bisa meyakinkan calon buyermu agar tetap beli produkmu.

CS Ekspedisi Yang Menghandle Kendala Pengiriman

Kendala pengirimanmu akan dihandle langsung oleh CS ekspedisi dibantu oleh CS dari lincah tentunya. Membuat kendala kamu lebih cepat ditangani dan lebih transparan.

Segitu dulu ya, kalau ada update akan aku tambahkan disini dan kalau ada pertanyaan lain tentang SPP dan Lincah.id silahkan komen ya, InsyaAllah aku jawab secepatnya, terima kasih sudah mampir 😘 go seller !

Tinggalkan komentar