Belajar Affiliate Marketing


Denger kata “Affiliate Marketing” pertama kali kayaknya sesuatu yang ruwet dan susah dipelajari yah😀 … sebenernya simple aja sih, konsep dari kata affiliate atau affiliasi adalah menjualkan barang milik orang atau perusahaan lain dan kita dapat komisi dari penjualan tersebut, dimana barang itu bukan berada di tempat kita, bukan stok sendiri, bukan produk sendiri.

Mirip dengan istilah “Dropship” yang menjualkan barang milik orang lain juga, namun kalau dropship biasanya kita sudah mendapatkan profit dari mark up harga barang yang kita promosikan tersebut, dan juga yang membeli barang itu adalah customer kita yang harus kita follow up dan service after sales nya, tugas pemilik barang hanya mengirimkan barang tersebut ke alamat customer kita. Mau itu barang sampai apa nggak sampai jadinya urusan kita sebagai dropshipper untuk melayani customer.

Nah, di Affiliate Marketing itu tugas kita hanya promosi produk, nantinya pemilik atau perusahaan yang punya barang tersebut akan handle semua, mulai dari mendata pembelian, follow up dan pengiriman barang. Kita yang promosi barang sama sekali ngga tahu siapa yang beli, taunya kalau sudah ada komisi masuk ke akun kita di perusahaan tersebut.

Dropship dan Affiliasi ada enaknya dan ada juga ga enaknya, antara lain :

  1. Dropship cukup ribet melayani konsumen, mulai dari tanya jawab sampai pengiriman barang, juga harus cek stok produk di supplier, iya kalau stok barang ada terus, kalau pas yang diminta konsumen habis ya lewat deh keuntungan kita hari itu, tapi enaknya bisa mark up harga sepuas hati😀 , keuntungan bisa langsung didapat hari itu juga dan juga punya data konsumen yang siapa tahu nanti bisa ditawarkan produk lainnya.
  2. Affiliasi cuma tinggal promosi produk dari gambar-gambar dan deskripsi yang sudah ada dari supplier, tinggal nunggu komisi masuk, ngga ribet bisa ditinggal jalan-jalan, barang yang ada di website supplier juga biasanya tersedia tapi ga enaknya komisi sudah ditentukan persentasenya dari supplier, flat segitu aja ngga bisa di mark up dan kita ngga punya data konsumen untuk arsip, cuma bisa tahu data barang yang terjual saja. Ohya biasanya pembayaran komisi ada jadwalnya, dua minggu sekali atau sebulan sekali dikumpulin sampai limit minimal tertentu, jadi ngga langsung hari itu barang terjual komisi bisa cair.

Kalau orang yang senengnya hidup santai, ngga terlalu suka banyak berinteraksi, ngga suka ribet dan pusing mikirin konsumen yang ping-ping BBM .. hehe kayak aku :3 .. affiliate marketing cocok banget buat dijalani. belajar affiliate marketing Banyak perusahaan di luar negeri yang menawarkan sistem affiliasi untuk produk-produknya, contohnya marketplace terbesar adalah Amazon.com, disebut sebagai marketplace karena barang-barang yang ada di Amazon disuplai dari berbagai merchant jadi jumlah produknya sampai ribuan macam, beda dengan perusahaan tunggal yang menawarkan affiliasi kemungkinan produknya hanya satu atau beberapa macam dari satu jenis kategori produk saja.

Di marketplace seperti Amazon kita bebas memilih produk apa yang mau ditawarkan, sudah tersedia gambar gambar serta deskripsi yang bisa jadi acuan kita promosi. Syaratnya kita harus punya website atau blog untuk menaruh gambar-gambar tersebut yang ditautkan dengan link affiliasi kita, tanpa link affiliasi jika terjadi traksaksi di web Amazon walaupun berasal dari website kita, komisi ngga akan masuk ke akun kita.

Selain produk fisik seperti di Amazon, ada juga affiliate program yang khusus untuk produk digital seperti Clickbank.com dan PayDotCom.com, dimana produk-produknya dikirimkan dengan cara download, seperti ebook dan video. Komisi yang diberikan biasanya berbeda-beda dan komisi penjualan lebih besar daripada komisi produk fisik di Amazon.

Karena market luar, tentunya bahasa juga harus mengikuti bahasa negara target, jadi di web affiliasi kita jika ada penambahan konten dan navigasi juga pakai bahasa negara target tersebut.

Masih khawatir berpromosi online dengan bahasa asing ? yuk coba affiliate program lokal dengan bahasa Indonesia untuk belajar affiliate marketing.

Ada beberapa marketplace lokal yang juga menawarkan affiliasi, seperti di Lazada.co.id, Bhinneka.com .. tapi sekarang ini aku ingin memperkenalkan affiliate program baru yang sistemnya cukup unik dan bagus untuk dipelajari.

Namanya BelanjaOnline.co.id, selain mendapatkan komisi dari produk-produk yang terjual, kita sebagai affiliate juga bisa mendapatkan komisi dari referal yang bergabung melalui link kita untuk menjualkan barang juga. Tambahan support untuk membuat toko online sendiri yang langsung bisa mengambil data produk otomatis, jadi kita ngga perlu capek download gambar dan copas keterangan satu-satu.

Keunikan dari BelanjaOnline.co.id  akan aku tulis di postingan berikutnya ya🙂

punya toko online ngga ribet *gambar disadur dari Jackmedia.com’s image

3 thoughts on “Belajar Affiliate Marketing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s