Tips & Trik Upload Gambar untuk Postingan (Lagi)


Masih seputar gambar yang untuk dimasukkan di postingan nih, untuk WordPress versi terbaru sih udah ngga sesulit dulu untuk mengatur gambar dipostingan, kode-nya sudah manut tinggal klik Align Left aja sudah rata kiri dan fungsi upload gambar juga sudah fleksibel, bisa pakai Flash Uploader (biasa untuk yg yakin koneksinya lumayan) dan Browser Uploader (untuk yg ngrasa bakal lemot koneksinya)  :)

Untuk versi 3.0 keatas, editing gambar sudah bisa dilakukan dari sini aja, seperti resize gambar kalau kegedean/kekecilan, mengatur berapa persen gambar untuk thumbnail etc.

Tips-tips berikut sebagian ada yang bisa untuk blog di WordPress.com, jadi kalau ngga menemukan fitur yg aku sebutkan di bawah ini berarti NGGA SUPPORT DI blog WordPress.com yaaa😀

sambil praktek yuu .. biar ma’srep diotak hehe

1. Untuk otomatisasi ukuran default gambar yang sesuai keinginanmu atau sesuai sama theme yg digunakan, coba cek dulu ke menu Settings >> Media , disana ada setelan ukuran untuk Thumbnail dan Image yg akan tampil di postingan single. Jadi kalau upload gambar dan langsung aja di publish, setingan ukuran defaultnya akan sesuai yg ada di media settings tadi.

PS : Ukuran thumbnail untuk homepage theme-theme Magazine style, sekitar 80x80px atau 100x100px

2. Pilihan untuk seting ukuran lainnya ada saat gambar sudah diupload, nanti ada setingan begini di halaman popup itu

1. Link Url :  Gambar bisa ditautkan ngelink ke lokasi gambar itu sendiri atau ke postingan, biasanya sih tautan ke lokasi gambar aja kecuali untuk kondisi tertentu yg pengen gambar kalo diklik nantinya akan terbuka postingan single (biasa untuk Image Gallery/Foto Gallery atau Related Posts).

2. Alignment : Mengatur rata kiri-kanan langsung saat gambar masuk ke postingan, jadi ngga usah seting2 kayak dulu lagi.

3. Size : Memilih ukuran gambar yang akan tampil di postingan, dengan memilih ke ukuran kecil ngga akan memotong gambar aslinya jadi kecil juga, ini cuma untuk tampilan aja nanti.

4. Use as Featured Image : Biasa digunakan untuk memilih salah satu gambar menjadi gambar utama jika didalam postingan ada banyak gambar, dan jika themenya menampilkan thumbnail dihomepage maka gambar pilihan tsb yg akan muncul.

3. Kalau ternyata gambar yang kita upload tadi besar sekali atau terlalu kecil, kita bisa edit dibagian edit image, tombolnya ada di bawah gambar (masih dihalaman popup).

Keterangan lainnya :

1. Aspect Ratio : WordPress akan mengira-ngira juga aspect ratio yang pas untuk size yg diinginkan, misalnya lebar minta 600, tingginya akan menyesuaikan tapi ngga jauh2 sama ukuran tinggi yg kita mau .. jadi kita ngga usah buka Image Editor program lagi untuk resize gambar .. pinter ya WordPress😀

2. Nah uniknya dibagian ini, disini kita bisa atur gambar jadi terbalik keatas/kebawah atau menghadap kanan/ kiri beda dengan gambar aslinya. Tanda panah melengkung itu untuk fungsi Undo/Redo atau mengembalikan ke posisi sebelumnya.

3. Apply Changes To : bisa diseting untuk semua ukuran gambar, termasuk Thumbnailnya juga terbalik apa beda ukuran atau cuma gambar utama aja.

4. Scale Image, Kalau di opsi Apsect Ratio kita bisa atur ratio perbandingan panjang x lebarnya, di opsi ini kita bisa memperbesar atau mengecilkan ukuran gambar aslinya, kalau gambar kegedean apa kekecilan, bisa di set lagi dibagian ini, tapi kalau gambar kecil digedein ya kira-kira lah yaw😀 soalnya nanti bisa jadi kabur banget kalau dipaksa gede hehe .. setelah di save nama gambar akan berbeda dengan aslinya (ada tambahan angka2 gitu dibelakang).

abis seting2 disini jangan lupa di SAVE ya

4. Fleksibelitas selanjutnya, yaitu edit tampilan gambar hanya dengan memilih persetase ukuran kira2 yg pas untuk postingan, cukup klik gambar yg dimaksud, nanti ada pilihan tombol untuk edit image dan pilih persentase yang diinginkan lebih kecil atau lebih besar, kalau pilihan % yg lebih besar dari 100% ngga ada, berarti Gambar yg diupload seudah dibatas ukuran terbesarnya.

Jangan lupa klik “Update” button setelah melakukan setingan ini.

5. Masih di popup yang sama, ada setingan Advanced nih, bisa diutak-atik biar tambah sip😉

Styles & Image properties : disini bisa seting jarak margin gambar dari atas (vertical space) dan dari samping kiri/kanan (Horizontal space) kalau kemepetan sama tembok .. eh .. batas pinggirnya deh😀

Border bisa ditambahin kalau gambar mau dikasih lis, kalau ngga mau set ke nol aja angkanya, model border/garis juga bisa di jadikan “dashed” yaitu yg garis putus-putus untuk mengganti tulisan “solid” disitu, sedangkan warna bisa kasih “red”, “green” menggantikan tulisan “black” disitu

setingan ini cuma untuk gambar yg lagi diutak atik aja, dan ngga ngaruh kesemua setingan gambar yang ada di blog.

Segitu dulu ya soal upload gambarnya, panas-panas gini ngantuk banget mana puasa lagi .. hahay😀

Enhanced by Zemanta

71 thoughts on “Tips & Trik Upload Gambar untuk Postingan (Lagi)

  1. mbak maya
    semenjak WP saya update ke versi 3.1, jadi gak bisa upload gambar. sdh sy utak atik di setting media jg, tetep aja tdk bisa.
    adakah cara lain mbak?
    mohon saran
    terima kasih

  2. Ping-balik: Tips & Trik Upload Gambar untuk Postingan (Lagi) | multimolten

  3. Hai,salam kenal dari saya .Saya new bie interest banget sama wp dan kebetulan ketemu site ini dan artikelnya seputar wp boleh juga,boleh ikutan donk…..trus kalo mau plug in gratis dr blog anda gmn?sori masih pemula eh iya mau saya pasang site anda diblog saya caranya gmn?he.he gmn lg!!!!soalnya saya biasa bikin di blogger.okt rims saya tunggu yach….balasanya
    taman
    pltu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s