Fungsi Excerpt


Bagian bawah Panel Postingan, ada opsi Advance yang mungkin jarang kita tengok, salah satunya Fungsi Excerpt. Buat apa sih ?

Secara default, kalau kolom Excerpt ga diisi sama authornya, WordPress akan mengambil sekitar 40 kata pertama dari suatu postingan untuk dijadikan excerpt. Fungsi ini keliatan kalo ada yang lihat dari Menu Category/Archives, dimana kita bisa lihat simpulan isi postingan di kategori yang dituju.

excerpt box


Untuk lebih memaksimalkan fungsi ini, bisa aja kalo kita lagi ga males atau kita memang punya tujuan untuk mempromosikan suatu produk, isi bagian kolom excerpt ini dengan keunggulan produknya serta gambarnya sekalian. Atau isi dengan simpulan maksud postingannya, kalau postingannya panjang banget pembahasannya🙂 . Secara Search Engine jadi bisa cepat mengindex kata kunci-kata kunci yang dimaksud di postingan tersebut dan kalo human lihat pas buka menu Kategori langsung ada poin-poin utama postingannya.

46 thoughts on “Fungsi Excerpt

  1. secara otomatis mengambil dari postingan ini apa bisa kita ubah mbak… jadi jika saya menginginkan panjang excerpt tersebut di limit tidak 40 kata pertama, tapi misal ingin 20 kata pertama gitu gimana caranya ya mbak? makasih sebelumnya..

  2. Ping-balik: Seksipkn's Blog

  3. Ping-balik: Link Tutorial Blog Lengkap (Wordpress, Blogger/ Blogspot) « .mifka weblog.

  4. ……………….kalo gak tahu tentang wordpress………..pasti ke sini………………..soalnya ……….yang punya blog ini…………..orangnya …………cakep………dan…………pinter……..salam kenal mbak maya……………..🙂

  5. Iya Mbak May, aku mulai nyoba pake excerpt pada 2 postingan terakhir di blog ku, editan sendiri berupa abstract dari isi keseluruhan postingan. Lumayan OK kelihatannya.😀

  6. Ping-balik: Fungsi Excerpt untuk membantu SEO blog anda | life is (not) just for fun

  7. allo mbak..salam kenal..aya baru neh di dunia bloggingan..hehee..pingin ngeblog crita tentang pengalaman2 kayak mbak gini..hehehe.mohon bantuannya ya…
    g ngerti ne mbak maksudnya excerpt.tolong disederhanakan..trima kasih

  8. Salam kenal mbak Maya..

    OOT nih.. Nanya mslh install feedburner dong. (udah nyari di ‘search’ blog ini, tp artikelnya gak dpt).

    Kok link feedburner di blog sy ada karakter ‘%20’ ya? Pdhl wkt sy bkn di feedburner bener. Itu jg udah berkali2 di delete, trs bkn lg…

    Sy salah di mana ya? Tengkyu ya…🙂

  9. Tuk Rivermaya ….. salam kenal n kalau boleh tau e-mail pribadinya Rivermaya ….. biar kalau mau nanya2 bisa puaaaaas. Karena Saya lagi coba buat website tapi masih banyak kurangnya dr pada lebihnya (Rivermaya bisa lihat di inkaiviladago.wordpress) n mohon komentarnya …… Thanks

    riv3rmaya at yahoo.com😀

  10. wahh,,, tak coba ahh,,,
    btw kalo untuk pemilihan di permalink, kalo .htaccess nya di edit di kembalikan ke custom kok malah eror mbak yaa… ?
    apa .htaccess nya di kembalikan ke defaultnya ??..

    ma kasih mbak.

  11. Hi, mbak.. ini aku lagi. Alamat emailku yang baru di menu profile wp-nya udah aku ganti kok, mbak. Udah aku verify juga. Kalo belum di-verify kan alamat email di profile nggak bisa berubah? Nah ini udah berubah, mbak.. tapi di already pinged-nya masih alamat email lama. Aku jadi bingung juga.. Mungkin emang kayak gitu kali yah..??

  12. Makasih buat postingan “Fungsi Excerpt” nya, mbak. Aku jadi ngerti sekarang. Tadinya aku pikir buat apaan sih itu? Hehehe..! ;p

    Oya, mbak.. aku sekalian nanya neh, “pinged” tuh buat apaan sih? Kan ada tuh tulisan di bawah kalo kita mau posting.. “allow comment” sama “allow pinged”. Nah yang allow pinged tuh buat apaan, mbak?

    Truz, trackback itu kan buat kalo ada comment dikirim ke email kita yah, mbak? Nah, aku barusan ganti alamat email.. tapi kok di trackback-nya (already pinged) nya kok masih alamat emailku yang lama yah mbak? Emang kayak gitu atau gimana?

    Makasih yah, mbak..
    Met kenal aja buat mbak Maya. Aku Dhanis..
    Maaf, kalo kebanyakan nanyanya.. hehe..

    Pinged/trackback intinya sih kalo ada yg ngelink situs kita di blognya dia, kalo “Allow Pinged” dicentang nanti ada semacam quote masuk di bagian comments, berisi sebaris kalimat dan link kita dari blog lain.

    udah ganti data email admin di menu profile wp-nya ?

  13. Makasi pengetahuan yang diberikan mbak Maya…
    Seneng banget bisa belajar sama dewa blogger kayak mbak Maya nih🙂

    wakakak dewaaa😛
    kalo beneran dewa, gw mau jadiin Matt pacar gw aja deh hahah

  14. jd emang bener google membaca cepat dari excerpt jg ya mb..🙂

    [oot]
    mb, tanya
    bbrp taut referral (lbh dari satu[?]) di menu samping blog ini sebenernya emang bole ya?
    saya kapok nanya ke matt, krn dl pernah ada yg langsung di-ban ama matt😦

    duh aku lupa soal berapa banyak link referal yg dibolehin, mas .. seharian googling soal itu hehe
    baiknya aku replace aja satu ya😀

Tinggalkan Balasan

