Tampilan Baru di WordPress Versi 2.5


WordPress 2.5 Dashboard

Ternyata nggak ada WordPress versi 2.4 muncul (skipped), jadi langsung ke versi 2.5. dan sekarang sudah bisa diunduh, walaupun masih seperti test blog dan kemungkinan akan banyak update lagi. Tapi kalau penasaran bisa kog upgrade manual dan bisa mendaftar untuk menjadi beta testernya untuk pengembangan yang lebih sempurna sehingga bisa resmi diunduh di halaman download WordPress.

Awal login ke admin area, yang menarik perhatian adalah warna oranye di bagian atas, dan space jadi lebih lega atau mungkin lebih makan tempat, karena menu-menu tidak tersusun dalam satu barisan lagi.

Lebih unik karena skema warna admin area ini bisa diubah dari menu Users, biarpun nggak jauh banyak perbedaannya antara yang Classic dan yang Fresh (mungkin nanti bakal ditambah pilihan skema warnanya)

Admin color scheme

Seperti yang aku beritakan di postingan sebelumnya, ada fitur untu memasukkan Video, lagu, gambar dan media lain (slideshow misalnya) di atas toolbar posting, fitur ini mirip di WordPress.com hanya beda posisinya dan lumayan buat yang lagi kebingungan untuk memasukan video Youtube dan Slideshow di postingan.

Add media

Secara keseluruhan tampilannya memang lebih menyegarkan 😀 dan patut dicoba, tapi sebaiknya jangan dicoba di blog monitize anda ya … karena kemungkinan masih banyak bugs atau update lagi nantinya.

Oya, perubahan versi 2.5 hanya pada Admin area saja tidak di tampilan depan blog, dan jika ingin mencoba versi 2.5 ini sementara upgradenya manual, belum bisa pakai WPAU.

Update 26/03/2008 : Sekarang udah Release Candidate 2

14 comments

  1. punten mbak maya..
    numpang nanya nih, kalo untuk update-mengupdate ini itu untuk yang memakai wordpress dengan hostingan dan domain sendiri ya??
    kalo yang pake namadomain.wordpress.com itu ga perlu update-update ya??

  2. Mbakku, boleh nanya lagi gak? hehehe…..

    Aku baru aja upgrade versi WP, dari 1.5.something ke yang baru ini.
    Tapi kok di menu writingnya panel yang tersedia cuma HTML, sedangkan di blogku yang emang udah versi terbaru ada pilihan HTML dan view, yang tentunya memudahkan aku dalam menulis tanpa perlu melihat kode2 html-nya.

    Apa ada yang salah saat aku melakukan proses upgrade?

    Mirna

    coba lihat di menu Users >> Your profile
    apakah Visual Editor –> Use the visual editor when writing sudah dicentang ?

  3. Mbak,
    Aku baru mulai belajar pake WP, apalagi setelah ikut gathering jkt sabtu lalu, jadi making ngeh.

    Pake WP versi baru ini gampang lho, lebih user friendly.
    Aku mau tanya Mbak, di menu writing ada kolom category dan tag. Nah, itu bedanya apa sih? Karena menurutku keduanya toh untuk menandai topik artikel kita.
    Apalagi kalau pake plugin all in one SEO, dia minta tag juga kan.

    Mohon pencerahan. Tq.

    Kategori untuk memisahkan topik-topik postingan, Tags lebih cenderung sebagai keyword untuk postingan tersebut, kalau ada pencarian terhadap keyword tertentu bisa postingan kita yang memiliki keyword itu akan muncul, tags juga keluar sebagai susunan keyword di sidebar jika opsi Tags Widgets diaktifkan.

  4. salam knl mas, mo nanya .. kl bikin komentar yg hasil komentar nya bisa ndeteksi Browser dan OS yg di gunakan si pengomentar itu gmn ya ? .. makasih atas jawabanya 🙂

  5. Duh, tadi malam masih hidup en setengah mati nyari in cara masukin banner. (tapi bisa juga)
    Tau nya ada disini.
    mungkin memang musti baca dulu semua postingan M’bak Maya yah….

    Boleh nanya, gimana masukin keyword dan description di WP?
    Saya masukin di TAG, tau nya salah.
    Kan di Modul cuma untuk web doang.

    WP Ini masih yang gratisan lho, trus kalau domain dan hosting saya sudah siap apa bisa dipindah in?

    untuk WP.com (design baru) cukup masukan di menu Settings >> general, isi Blog title dan tagline, tagline ini = deskripsi blog. Kalo keyword bisa aja gunakan kolom tag.

    sedangkan kalo WP yg di hosting sendiri, bisa nambahin kode meta di header.php theme yg digunakan.

    Migrasi WP gampang kog, tinggal gunakan fitur export-import 😀

  6. kalau nambah – nambah seperi sidebar halaman ini < maksudku naruk banner di wordpress gimana mas ? soale gak kayak blogspot. , di wordpress aku baru 0.5 menit yang lalu terima kasih

    pake widget seperti di blogger, menu Presentation >> Widgets (untuk WP under 2.3.3) atau menu Design >> Widgets (untuk WP 2.5)

  7. mbak Maya yang cantik baek ati, salam kenal.
    Trims artikel2 nya yang bikin PeDe kita2 dalam ngeBlog, ceritanya baru kemaren sih bikin di wordpress. Langsung tanya boleh ya??…. itu lho mbak, gimana masukin MYBLOGLOG di sidebar Blog kita seperti mbak punya dibawah judul Yang sudi mampir dan Komentar baru, ada foto2 nya lagi, koq foto saya gak kelihatan?
    trims ya mbak, syukur-syukur klo dibuatkan artikel khusus ngebahas MYBLOGLOG 🙂

    kalo udah punya account di mybloglog.com dan sudah masukkan data situsnya, ada link ke Get Widget, nah ambil kode di Get Widgets ini (sebelumnya ada setingan ukuran & warna box), kemudian paste ke bagian widgetnya blog anda.
    Kalo fotonya ga keliatan pas ngunjungi suatu situs, karena pas itu ga ada cache browser yg digunakan, misalnya make PC atau browser beda dari yg pernah dipake utk login mybloglog.
    Coba login dulu ke Mybloglog n baru kunjungi situs2 itu …

  8. hi..hi..ko aku cepet banget ketinggalan berita yak,
    makasi info 2.5-nya,
    oya mbak maya, tadi yudi sempet kirim trekbek, ga tau nyampe apa enggak, sori ya kalo trekbek di postingan yang salah, kalo ga berkenan dihapus aja gpp 😉

  9. Hi, May….

    Sayah sukak postinganmu. Pengen mbeliin kopi tapi ndak tau caranya…. (baca: ndak punya CC)

    Ntar ajah kalok pas ke YK kita nongkrong di warkop Satarbucks yah…

    ***mingsih trauma ngoprek php nyang gagal total….*** 😦

    mas Indra bisa ajah 😀 ngga punya CC tapi deposito banyak yaaa 😛

Tinggalkan komentar