Menghilangkan Nofollow di Komentar Blog WordPress


Comments in my blogs is a gift for me :)Aku pernah menggunakan Plugin Dofollow untuk menghilangkan aturan “nofollow” di komentar-komentar yang mampir di blogku, tapi ternyata sering membuat beberapa komentar malah nggak muncul. Bukan berarti plugin Dofollow nggak bagus, namun bila anda menemukan glitch seperti itu, anda bisa menghilangan rel=nofollow dengan alternatif ini.Menghilangkan Nofollow di Author Link (Nama pemberi komentar yang di link ke alamat blognya)

  • Buka file comment-template.php yang ada di folder wp-includes (aku menggunakan WordPress versi 2.3.2)
  • Cari kode seperti yang aku blok ini :

remove nofollow in author link

  • Hilangkan tulisan “nofollow” nya di kode itu sehingga menjadi seperti ini :
    • $return = “<a href=’$url’ rel=’external’>$author</a>”;
  • Save dan upload kembali ke server

Menghilangkan Nofollow di teks komentar (link-link yang berada di komentar)

  • Masih di folder wp-includes , buka file default-filters.php
  • Cari kode seperti yang aku blok digambar ini :remove nofollow on WordPress comments link
  • Tambahkan “//” diawal kode tersebut, sehingga menjadi seperti ini :
    • //add_filter(’pre_comment_content’, ‘wp_rel_nofollow’, 15);
  • Save dan upload kembali ke server

Oya, jangan lupa, save dulu file-file aslinya ya sebelum diedit dan aktifkan Akismet Plugin atau Plugin untuk mecegah SPAM lainnya, you know why ;)

49 thoughts on “Menghilangkan Nofollow di Komentar Blog WordPress

  1. Ping-balik: Link Tutorial Blog Lengkap (Wordpress, Blogger/ Blogspot) « .mifka weblog.

  2. Ping-balik: Menghilangkan Nofollow di Komentar Blog WordPress « Belajar Ngeblog

  3. Ping-balik: Do Follow nii yee – rehesa.com,the online journey

  4. Salam kenal. Help me dong. saya baru blajar bikin blog nih. Gimana caranya ngilangin yang udah nge-add blog nya ke blog saya. Thank before ya mba…

    maksudnya nama2 blog mereka di blog MamaZeeya ?
    ke menu Manage>> Links, delete nama blog yg mau dihilangkan

  5. Mbak Maya,
    untuk menghilangkan nofollow tsb, apakah kita langsung buka di Design > Theme Editor di Blog WP atau menggunakan FileZilla? Kalau langsung di WP saya enggak nemu WP Includes & ketemunya kalau buka pakai FileZilla. Tapi setelah saya buka pakai FileZilla dan masuk ke WP Includes ternyata saya enggak bisa buka file comment-template.php maupun default-filters.php. Waktu saya coba klik kanan di mouse untuk view/edit juga enggak bisa. Mohon petunjuknya. Thanks

    Yang di menu Design cuma file-file dari Themes aja, sedangkan yg ada di WP-includes = script dari WP nya.

    buka (edit) pake Filezilla bisa, kalo udah di seting default editornya (menu edit >> setting >> Remote file editing). Kalo masih belum bisa, mas edit di pc aja ambil dari script WP asli yg ada di pc, trus upload kembali ke folder wp-includes

  6. Ping-balik: Cara Menghasilkan Ribuan Hits Perhari

  7. Ping-balik: Dapatkan 1000hits perhari | Bukan Sekedar Newbie

  8. Ping-balik: fReaky fOOlish me » Remove ‘NoFollow’ tag from your blog

  9. terimakasih banget bro,akhirnya saya bisa juga ngilangin tag nofollow. soalnya diprotes terus neh ma blogsvertise kalo masih pake nofollow,hiks..🙂

  10. mbak, gimana nemuin comment-template.php nya ? kok aku gak ketemu yah..maaf masih pemula nih. makasih ya

    didalam folder wp-includes

Tinggalkan Balasan

