Menambahkan Jumlah Text Widget


Secara default, text widget yang ada di menu Presentation >> Widgets jumlahnya ada 9 saja (untuk themes yangmendukung text widget).

Widget Arranggement

Jika kita ingin lebih banyak lagi Text Widget-nya, karena banyak kustomisasi untuk blog kita, maka kita harus mengeditnya terlebih dahulu dari file widgets.php yang ada di folder /wp-includes, dalam gambar ini aku menggunakan script WordPress versi 2.3.2.

  • pertama kali sih, lebih baik backup dulu file widgets.php atau simpan script asli WordPress nya, agar supaya kalau ada kendala kita bisa upload file aslinya saja.
  • Buka file widgets.php dengan editor favorit anda seperti Notepad, Dreamweaver atau Programmers Notepad
  • Temukan kode widget_text_setup (gunakan fungsi FIND) dan ganti angka 9 dengan angka sesuai jumlah text widget yang diinginkan, misalnya 15

Edit Widgets.php step 1
  • Selanjutnya temukan kode widget_text_page , disini kita mengganti angka 10 disitu dengan jumlah text widget yang kita inginkan ditambah 1, contoh : jika aku inginkan 15 text widget maka aku ganti angka 10 disitu dengan angka 16 (yaitu dari 15+1).
    Edit Widgets.php step 2

  • Masih ada lagi yang harus diganti, yaitu dalam kode widget_text_register , disitu kita ganti semua angka 9 (dimana angka 9 adalah jumlah text widget default) dengan angka 15 (jumlah text widget yang kita inginkan)
    Edit Widgets.php step 3

  • Kemudian save file tersebut dan upload lagi ke server.
  • Coba lihat di menu Presentation >> Themes nya lagi, pasti jumlah text widget yang disediakan sudah nambah.😉

Kalau ada tambahan atau ada yang terlewat oleh aku, tolong update ya ..😀

20 thoughts on “Menambahkan Jumlah Text Widget

  1. Ping-balik: Link Tutorial Blog Lengkap (WordPress, Blogger/ Blogspot) « Herman Suryanto Ada Apa Hari Ini's Blog

  2. Ping-balik: Link Tutorial Blog Lengkap (Wordpress, Blogger/ Blogspot) « .mifka weblog.

  3. mbak,saya sudah coba script dari google adsense saya copy dan paste ke text widget,tetapi setelah saya simpan perubahan
    tidak bisa tersimpan selalu hilang dan text dari google content tidak tampak,padahal kalo pakai blog dari blogspot bisa,saya pakai wordpress 2.2,mohon penjelasan.

    kog versinya lama banget mas ? 2.2 ? harusnya begitu save udah tersimpan

  4. Mbak maya aku pake wp 2.5 koq ga ketemu ya function wp_widget_text_setupnya adanya function wp_widget_text_control

    Aku cari manual ampe 30 menit ga ketemu2, dan pake fungsi find juga ga bisa. Aduh puyeng de

  5. Ping-balik: Ketika 9 adalah kurang untuk Text Widget di Wordpress.

  6. Caranya bikin WordPress biar ada kategorinya, Tempat Belajar, Media Belajar, Hasil Belajar, Gimana????

    edit di menu Blogroll, ada pilihan kategori (Categories) blogrollnya, bisa tambahkan kategori beda2, trus kalo udah terlanjur masukin link ke blogroll di edit aja kategorinya dari situ, kalau mau masukkan link baru jangan lupa centang pilihan kategorinya (yg disisi kanan)

  7. mbak, aku nysar di blog mu nih, tapi berguna bgt lho … aku penasaran (gaptek sih), gimana caranya agar si widget itu bisa dirumah namanya. Akumau rubah “Categoris” menjadi “Isi Toko”, gimana mbak caranya.

    makasih byk ya mbak ..

    ilna

Tinggalkan Balasan

