Cara Instal WordPress dari WordPress.org


Untuk menginstal script WordPress di server hostingan dan domain sendiri, ada dua cara yaitu :

Jika hostingan yang kamu memiliki fitur Fantastico di cpanelnya, tinggal klik iconnya dan script langsung terinstal di server dengan beberapa settingan standard.

Kedua, jika servermu tidak menyediakan fitur Fantastico, maka script WordPress masih bisa di download dari WordPress.org dan kemudian setelah extracting files-filesnya disimpan di hardisk. (Step 1)

Step 2, selanjutnya buatlah database dan user dengan cara :

  • login ke cpanel hostingan, klik menu Mysql
  • Buatlah nama database baru pada option “Create New Database”, misalnya diberinama “wordpressblog” , klik tombol “create”.
  • Jika belum ada data user yang ingin digunakan sebagai user di wordpress blog, buatlah nama user baru dengan cara klik option “Add New User” dan buat paswordnya untuk user tersebut.

    Create Database

  • Dalam section “Add privileges to the following database“, Setting Global Privileges untuk username dan database tersebut dengan mencentang pilihan “All”, agar user tersebu t dapat memiliki akses untuk semua perubahan dalam mengelola database.
  • Klik GO
  • Catatan Untuk isian nama server biasanya menggunakan “localhost

Create new user database

  • Step 3, Selanjutnya cari file wp-config-sample.php yang ada di script WP dari WordPress.org tadi dan ganti namanya (rename) menjadi wp-config.php, buka file dengan text editor dan edit kode seperti ini :

 

// ** MySQL settings ** //define('DB_NAME', 'wordpress');     // The name of the database

define('DB_USER', 'username');     // Your MySQL username

define('DB_PASSWORD', 'password'); // ...and password

define('DB_HOST', 'localhost');     // 99% chance you won't need to change this value

DB_USER dan DB_PASSWORD adalah nama username dan password yang dibuat diatas tadi
DB_HOST biasanya diisi dengan localhost, tetapi bisa juga berbeda tergantung yang diberikan server hosting. Klik Save File sesudahnya.

142 thoughts on “Cara Instal WordPress dari WordPress.org

  1. mbak, saya mo nanya,
    1. Klo misalnya kita buat blog dengan wordpress.com, kemudian kita hosting dan buat domain sendiri, bisa ga kayak gitu?, artinya kita sudah punya blog sudah jadi dengan macam2 postingannya, terus kita mau hosting dan bikin domain sendiri
    2. Bisa ga kita tambahin plugin dan kita otak-atik themesnya.tambahin widgetnya kayak blog yang dari wordpress .org yang bisa diotak-atik ?

    Trims mbak Mohon pencerahannya, biar aku ini ga bodho-bodho amat..!

  2. sebelumnya trma kasih atas info nya…
    tapi saya masi binggung dengan WP coz masi Newbie,ini pertama saya mncoba buat WP.
    banyak hal yang ingin saya tanyakan,
    pertama : wordpress.org itu fungsinya untuk apa?
    kedua : sya baru tahu ada situs penyedia bloggratis seperti WP ada versinya pdahal kan jika ada perubahan dari WPnya mreka bisa mengupgrade langsung sehingga tidak mnyulitkan pengguna yang mnggunakan versi sebelumnya.tolong jelasin mbk alasan nya mengapa??terus bagaimana kita mengetahui versi WP yang kita gunakan?
    ketiga : saya mngetahui SEO dengan WP lebih baik dari pda menggunakan yang lainnya,dengan adanya plugins sangat membantu SEO.nah yang saya ingin tanyakan bagaimana saya dapat mnginstal plugins tsb,sedangkan di WP saya tidak terdapat menu Plugins?
    mungkin segitu dulu aja pertanyaan saya,mohon bimbinganya mbak.
    trima kasih sebelumnya.

    • 1. kalo WordPress.org itu stand alone script, yg bisa kita instal di hosting dan domain kita sendiri, jd bukan gratisan spt di WordPress.com, dgn instal sendiri gini kita bisa upload plugin, theme n edit2 sendiri.

      2. Versi WP memang update terus, tapi kl blognya di WordPress.com biar versi terbaru langsung terupdate, tapi kalo diinstal di hosting sendiri ya kita yg update dong, kan mereka ga bs akses ke server kita, kl kita instalnya udah lama banget sebaiknya diupgrade, kl cuma beda dikit bisa nunggu aja kl males :) .. tp kan gampang skr upgradenya tinggal 1-2 klik aja

      3. Kalo di WordPress.com yg gratisan memang kendalanya ga bs upload plugin sendiri, jadi optimasi sebaiknya di postingannya aja, tp untuk trafik dan popularitas ngga kalah kog sama blog yg dihosting sendiri, malah cenderung lebih cepat terindeks di search engine kalau kita nulisnya oke di postingan, dlm artian kita fokus ke keyword yg mau kita targetkan

  3. Ping-balik: Seksipkn's Blog

  4. Mbak maya salam kenal sebelumya. Saya bru istal wp di domain atau host gratis x yah hehe, pertanyaan saya bisa di back up gk kalo sewaktu waktu di gusur ,trus boleh gk kta gerubah script2 yg ada , saya bru blajar jd mungkin sering mampir kesini

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s