you're reading...
belajar wordpress

Cara edit file dari dalam Admin Panel


Untuk mengedit file-file dari dalam dashboard langsung tanpa harus membuka file di localhost dan meng-editnya dengan editor seperti Dreamweaver, di dalam menu Presentation >> Theme Editor ada pilihan itu.

Tinggal memilih file mana yang akan di edit, nama-nama file bawaan theme-nya ada tercantum disana, misalnya di dalam sidebar.php kita ingin menambahkan suatu kode atau link atau gambar logo, kita klik pilihan sidebar.php dan masukkan kode tersebut di posisi yang diinginkan kemudian klik tombol “Update File” maka setelah itu perubahan tampilan weblog sudah bisa dilihat langsung….

Update File Button

ow ow, bagaimana kalau ternyata tombol “update file” nggak tampak ?

Untuk hal ini, kembalilah ke cpanel server hostingnya, set permission CHMOD menjadi 666 untuk file-file yang sekiranya bakal di edit. Jika CHMOD sudah diubah maka di bilik Presentation >> Theme Editor tadi akan muncul tombol “Update File“.

Masih bingung ? Selengkapnya baca tentang Cara mengubah File Permission (CHMOD)

About rivermaya

just another WordPress Addict

Diskusi

39 thoughts on “Cara edit file dari dalam Admin Panel

  1. mbak.gimana caranya biar web sayah dapt cepat terditeksi SEO.matur nuwun ojo lali kasih penjelasan

    Posted by dadang | 7 April, 2011, 10:41 pm
  2. masih bingung hehhehehe

    Posted by haryo | 26 Januari, 2011, 10:06 pm
  3. Kok wp ku gak ada menu pluginsnya sih, plis help donk…

    Posted by Bojan | 17 November, 2010, 11:40 pm
  4. mbak tolong saya ya..!!aku pengen buat fake longin zinga poker…saya gak tau cara2 nya….tolong jelasin N kalau dapat langsung sama..cara2 editnya….tapi yang pake gambarnya ya mbak maklum masih awam banget aku nya…terimakasih sebelumnya…kirim lewat email aku ea mbak..aku tunggu…!!!@

    Posted by anthony wiganda | 14 Oktober, 2010, 7:21 pm
  5. saya ngga biasa pake apa-apa.. =)
    sedang dalam proses pembelajaran..

    Posted by Momo | 19 Juli, 2010, 11:34 am
  6. Ane biasanya pake netbean….

    Posted by Arief | 19 Juli, 2010, 11:30 am
  7. makasih atas infonya..

    Posted by Ekozul | 15 Juni, 2010, 1:20 pm
  8. terima kasih Mba .
    biasanya untuk cpanel versi standar itu CHMOD nya udah otomatis koq .
    itu biasanya terjadi untuk hosting gratisan ajah .

    Posted by Funny Wallpaper | 2 Mei, 2010, 5:26 pm
  9. Kaka tolong dong… bingung banget neh…. Saya hosting pake masterweb, di masterweb ada fantastico gak sih? susah banget neh kalo mau edit2 di panel admin,,,, mau rubah permalink aja gak bisa otomatis harus bulak balik k spanel…. udah gitu gak tahu lagi yang mana yang harus dirubah di spanel untuk merubah permalink… stres ahhh…..

    Posted by idotkontji | 18 Maret, 2010, 8:29 am
  10. makasih mbak maya atas infonya,lansung praktek nih……

    Posted by Adi | 29 Oktober, 2009, 11:42 pm
  11. Infonya bagus nich !!!!!
    Makasih yach udah Share………

    Posted by sambootech | 20 September, 2009, 8:03 am
  12. met malam mba salam kenal ya saya juga dari Abers nih,
    mba mau tanya nih kan saya sudah install themes wp buat blog saya tapi setelah saya install ternyata di themes itu ada iklannya dan akhirnya blog saya jadi ada iklannya pertanyaannya gimana ya mba cara menghilangkan iklan-iklan tersebut dari themes blog saya?
    sebelumnya terima kasih ya mba atas bantuannya

    salam sukses selalu buat mba maya

    Posted by hendra desta | 12 Juli, 2009, 2:10 am
  13. Thx mba.dah di coba and its work.tp klo chmod itu sendiri fungsinya apa ya..? Thx b4

    Posted by Demoon | 9 Mei, 2009, 12:45 pm
  14. Lom ngerti mbak, gimana ya caranya..gandaisa@yahoo.com

    Posted by gandaisa | 5 Februari, 2009, 12:55 pm
  15. saya masih belum mengerti bagaimana cara menganti tema gratisan??
    bisa djelaskan??
    soalnya saya masih baru…

    Posted by carbon dioxide | 17 Januari, 2009, 6:02 am
  16. saya bingung … kok saya tak dapat sign up di wordpress padahal saya udah ikutin petunjuk yang diberikan…..????

    Posted by man | 6 Oktober, 2008, 12:08 pm
  17. Salam kenal,
    mau nanya nih…apakah untuk wordpress gratisan di wordpress.com ngga bisa upload file ya?

    gimana ya caranya ganti skin…dah diubek2 ngga tau gimana caranya upload file…

    Posted by d4rkcell | 11 September, 2008, 5:09 pm
  18. dua jempol plus 2 jempol kaki deh buat mbak maya, ngajarin dari a-z nice, hahaha two thumbs up :D anyway namanya kok kaya nama kelompok band ya, rivermaya :))

    Posted by indonesia24hrs | 10 Agustus, 2008, 1:30 pm
  19. gimana cara ngilangin meta loginnya di WP mbak?
    say dah pake widget tapi dak bisa ilang, kayaknya harus dicari php yang mana ya?

    Posted by satekelinci | 8 Juli, 2008, 4:38 pm
  20. Saya masih bingung cara edit permalinks di WP 2.5.1 soalnya saya belum tahu .htaccess, bisa minta tolong mbak?
    Terima kasih

    Posted by Arif | 4 Juni, 2008, 4:00 am
  21. trimakasih ya atas artikelnya. bagus bagus. tapi untuk pemula seh kalo bisa diperjelas. ato mungkin ditambah daftar istilah dan penjelasannya. thnks….

    Posted by lintang parahening | 19 Mei, 2008, 6:12 pm
  22. Mbak maya,…. thanks yaa……

    boleh minta alamat emailnya gak?

    flyin_2_heaven@yahoo.com
    Saiful Yadi

    riv3rmaya at yahoo dot com

    Posted by puskumhamuinjakarta | 10 April, 2008, 6:00 am
  23. hello, perkenalkan saya saiful…..

    Mbak maya, saya punya pertanyaan yang sederhana tapi saya tidak bisa (mungkin karena saya masih awam banget kalee ya). Bagaimana sih untuk menambahkan website widget?
    benar gak istilah saya itu? (awal, profile, dan seterusya itu loh)….. jawab ya mbak, tq

    Untuk WP versi 2.3.3 dan sebelumnya, ke menu Presentation >> Widgets (kalo themesnya mendukung loh) tinggal drag drop aja kotak2 widget yg di barisan bawah ke bagian kotak sidebar.

    Untuk WP versi 2.5 ke menu Design >> Widgets, pilih sidebarnya (kalo ada lebih dari 1 sidebar) kemudian add fitur2 widget di sebelah kiri … yg ini mau aku bikinin tutorialnya ah .. thanks idenya :)

    Posted by puskumhamuinjakarta | 9 April, 2008, 4:57 am
  24. Sorry nih, River maya ini ce apa co??? aku bingung nih. Di coment box yang lain di panggil mas, di sini di panggil mbak. Ha??? kok bisa ganda gitu ya??? Any way aku punya usul. Biar gak bingung labelnya di tambah aja deh, mana yang untuk wordpress.com yang gratisan, dan mana yang tidak. biar arah tutorialnya bisa diketahui oleh semua aliran, aliran gratisan atau aliran yang gak gratisan. Terus River…. Akan ku lanjutkan belajar tutorialmu.
    Wish
    http://spamer2me.blogspot.com

    sebenernya kategorinya udah ada mas ditiap postingan, yang wordpressdotcom = blog gratisan dan wordpressdotorg = blog yang dihosting sendiri :)

    Posted by ngebelog | 6 November, 2007, 8:21 pm
  25. aku orang awam tentang blog.tolong dong jelasin tentang cara masuk ke panel admin nya di wordpress.biar aku bisa otak atik file nya.ya kayak upload file html,css,dan bikin folder pokoknya kayak cpanel yang umum.he he he maaf kalo salah pemhaman saya.email ke saya ya.tata caranya.atau post comment aja di blog aku.

    Posted by iman | 21 Oktober, 2007, 6:01 pm
  26. belajar wp aja ah,……. ternyata gitu tho cara munculin update, ampe pusing carinya, ternyata ada mbak maya yang senantiasa membantu, tq

    Posted by ferdin | 17 Agustus, 2007, 2:39 pm
  27. ok tengkyu maya… tapi koreksi dikit yah, ternyata yang bener chmod-nya di sini

    public_html/blog/wp-content/themes/namathemesnya/sidebar.php atau single.php, dll…

    anyway, good job :-)

    ooh… wp nya mbak di subdir yah

    Posted by Titah | 16 Maret, 2007, 5:16 pm
  28. may,
    aku dah coba set permission ke 777 tombolnya update file koq tetep ga muncul yah? yang diedit kan file yang di public_html/blog/wp-admin toh?

    public_html/blog/wp-admin/themes/namathemesnya/sidebar.php atau single.php, dll… yg mau diedit di ganti CHMODnya satu2.

    Posted by Titah | 16 Maret, 2007, 5:25 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Cara Instal Themes Di Wordpress « ilmuku, masa depanku…….!!! - 8 Februari, 2011

  2. Ping-balik: Seksipkn's Blog - 30 September, 2010

  3. Ping-balik: Cara edit file dari dalam Admin Panel « Boyman89's Blog - 18 Juni, 2010

  4. Ping-balik: Yoga Mahardika Blog's » Blog Archive » Cara Install Plugins - 30 Januari, 2010

  5. Ping-balik: Link Tutorial Blog Lengkap (Wordpress, Blogger/ Blogspot) « .mifka weblog. - 10 Oktober, 2009

  6. Ping-balik: Cara Instal Themes « Randipopo's Blog - 8 Oktober, 2009

  7. Ping-balik: Instal Skin or Themes For Wordpress « bownet Blog’s - 15 April, 2009

  8. Ping-balik: coba « welcome to my world !!!!!!!! - 21 Desember, 2008

  9. Ping-balik: » Cara Install Plugins - 22 November, 2008

  10. Ping-balik: WordPress 2.5 Resmi Dirilis « Belajar Wordpress - 30 Maret, 2008

  11. Ping-balik: Cara Instal Themes « Belajar Wordpress - 24 Februari, 2008

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.710 pengikut lainnya.

